Weda Mauve Membakar Musim Panas Dengan Energi Muda Lewat Single “[STILL ON] REPEAT”

Weda Mauve Membakar Musim Panas Dengan Energi Muda Lewat Single “[STILL ON] REPEAT”

Musisi sejati tidak pernah ragu mengambil risiko. Di antara generasi musisi muda yang sedang berkiprah di blantika musik Indonesia saat ini, Weda Mauve pun semakin mengukuhkan identitasnya sebagai salah satu musisi muda yang paling menikmati risiko dalam karyanya. Pada hari Jumat, 17 Mei 2024, musisi berusia 17 tahun ini siap merilis karya terbaru yang juga menjadi bentuk pengambilan risiko terbesar sepanjang karir bermusiknya sejauh ini: “[STILL ON] REPEAT”

Menyusul jejak rilis karya-karya sebelumnya “ADRENALINE RUSH” dan “DINNER” yang dirilis pada tahun 2023 yang lalu, “[STILL ON] REPEAT” merupakan karya uptempo berdurasi 4 menit dan 11 detik yang dirilis di bawah label musik Semesta Records. Untuk pertama kalinya sepanjang perjalanan karir bermusik, melalui lagu “[STILL ON] REPEAT” ini, Weda Mauve mengeksplorasi warna musik yang lebih agresif sekaligus terinspirasi dari subgenre musik Eurodance, house-pop, dan hyper-pop. Para audiens musik yang menggemari karya-karya musisi seperti Troye Sivan dan Charli XCX pastinya akan terkesima dengan “[STILL ON] REPEAT” besutan Weda Mauve ini.

Pengambilan risiko Weda Mauve tidak berhenti di aspek musikalitas semata. Bisa dikatakan bahwa “[STILL ON] REPEAT” menghadirkan pelirikan Weda Mauve yang jauh lebih ‘dewasa’ dan ‘sugestif’ seraya sang musisi asal Surabaya ini bertutur lagu tentang sebuah kenangan yang penuh dengan gairah sekaligus rahasia: “The songs we screamed still on repeat / I’d dance to the last step of my feet / The stains you
left on my bed sheets / You sounded good in my wet dreams”

Ungkap Weda Mauve mengenai inspirasi lagu “[STILL ON] REPEAT” tersebut: “Bisa dibilang lagu ini tentang ketika aku dan seseorang harus berpisah jalan agar kita masing-masing bisa bertumbuh. Pada awalnya, aku terinspirasi oleh hubunganku dengan kerabatku dan teman-temanku di masa lalu. Namun, sepanjang proses penulisan lagu ini, aku menemukan inspirasi pula dari hubungan yang sedang aku jalani
saat ini.”

Bila begitu realitanya, maka apa yang mendorong Weda Mauve untuk mengartikulasikan emosi tersebut lewat gaya pelirikan yang sangatlah ‘dewasa’ dan ‘sugestif’? Ternyata, Weda Mauve berniat untuk membubuhkan sedikit elemen kejutan bagi para pendengarnya.

“Semakin jauh aku mengerjakan lagu ‘[STILL ON]’ REPEAT’ ini, semakin aku menyadari bahwa aku tidak mau membuat lagu ini terdengar ‘biasa’ atau ‘menjemukan’. Selain itu, aku juga ingin merefleksikan bagaimana aku telah semakin dewasa bila dibandingkan dengan diriku yang sebelumnya,” lanjut Weda Mauve. “Bila aku terdengar atau terkesan berbeda dengan Weda Mauve di era DENIAL, aku tekankan sekarang bahwa perubahan tersebut tidaklah disengaja. Sederhananya, aku hendak menunjukkan siapa
diriku saat ini — tidak kurang dan tidak lebih.”

Perubahan diri dan suasana hati juga menjadi elemen yang mendorong Weda Mauve menjajaki teritori sonik yang berbeda: “Karya-karyaku di masa lalu bisa terbagi menjadi dua: Aku ketika sedih dan aku ketika kesal. Kali ini, aku hanya ingin berdansa dan bersenang-senang — terlebih di musim panas ini. Apalagi, sebagai seorang musisi, aku tidak pernah terlalu terpaku pada kategori genre. Aku hanya sekedar mengeksplorasi apa yang aku rasa tepat buatku saat ini.”

“[STILL ON] REPEAT” juga menjadi kali pertama Weda Mauve bekerja sama dengan Jevin Julian yang berperan sebagai produser musik. Pada akhirnya, keputusan Weda Mauve untuk menggaet pentolan duo EDM Soundwave ini berangkat dari keinginannya untuk terus beranjak dewasa dan menjajaki ranah bermusik yang lebih segar.

“Aku ingin menciptakan sesuatu yang baru. Dan, mengingat aku juga ingin menciptakan karya yang bisa membuat pendengarnya meloncat dan berdansa, aku merasa Jevin Julian adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan visiku tersebut. Dia adalah produser yang sangat cerdas dan aku sangat mempercayai tangan dinginnya,” puji Weda Mauve.

Tentang Weda Mauve (IG @wedamauve)
Lahir dan besar di Surabaya, Weda Mauve mendeskripsikan dirinya sebagai musisi yang merdeka dari partisi genre dan pribadi yang “too mature for my own age”. Sejak Weda Mauve pertama kali belajar cara menulis lagu, pemuda yang kini berusia 17 tahun ini kerap mengungkapkan perasaannya melalui karya musik orisinil – bahkan, hingga saat ini, lebih dari 100 lagu sudah tersimpan dalam buku jurnalnya. Berpegang teguh pada prinsip bahwa evolusi dan kebebasan sangatlah esensial bagi seorang pekerja seni, Weda Mauve merilis album debutnya yang bertajuk DENIAL pada tanggal

21 Juni 2022, yang mana sang musisi muda tersebut bereksperimentasi dengan ragam musik seperti alternative, punk, post-rock, dan R&B. Album DENIAL ini kemudian disusul dengan bonus track berjudul “Loving U is a Sin” pada bulan Desember 2022 dan epilog album yang berjudul “Easy For You” pada bulan Mei 2023. Berkat lagu “Distraction”, Weda Mauve berhasil beroleh nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) pertamanya untuk kategori Video Musik Terbaik. Memasuki kuartal akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024, Weda Mauve melanjutkan sepak terjang bermusiknya dengan meracik warna musik yang lebih eksploratif, terbukti lewat karya-karya anyar dan mengejutkan yakni “ADRENALINE RUSH”, “DINNER”, dan “[STILL ON] REPEAT”. Weda Mauve berkarya di bawah naungan label musik Semesta Records.

About Author

Irwan Johns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *