Ravi Andika Merilis Single “123” Dalam Format Video Lirik Dan Di Berbagai Digital Streaming Platform

Ravi Andika Merilis Single “123” Dalam Format Video Lirik Dan Di Berbagai Digital Streaming Platform

Setelah merilis single terbarunya yang bertajuk 123 pada 14 Februari 2024 secara serentak dan eksklusif di 123 radio di Indonesia. Di tanggal 1 Maret 2024 Ravi Andika kembali merilis single 123 dalam format video lirik dan di berbagai Digital Streaming Platform. Single ini ditulis dan diproduseri sendiri oleh Ravi Andika. Dalam penggarapannya, Putra Prastyo (Closehead) terlibat sebagai produser pendamping, juga Saprol (Closehead) mengisi trek gitar di single ini.

“Lagu ini bercerita tentang jatuh cinta, namun disampaikan lewat sudut pandang lain. Bahwa jatuh cinta itu menyenangkan, tapi kenyataannya tidak semudah berhitung 1, 2 dan 3 Jadi tidak sesederhana itu.” Papar Ravi Andika. Lolos dari jebakan stereotipikal dalam menulis lirik merupakan salah satu kekuatan Ravi Andika. Walaupun single ini bertemakan cinta, namun Ravi Andika bisa menyampaikannya lewat perspektif yang berbeda.

Di single ini, eksplorasi Ravi Andika sangat terasa. Pemilihan sound dan aransemen, kental akan pengaruh synthwave bernuansa 80an, namun dibalut dengan tata suara yang cukup modern. Namun, dari berbagai eksplorasi musik yang dilakukan, notasi yang disajikan tetap mewakili karakter Ravi Andika. Notasi yang ringan, tidak berbelit, dan tidak perlu mengernyitkan kening untuk menikmatinya. Konsep video lirik dengan visual 8-bit dipilih sebagai representasi visual dari lagu ini. Visual di video lirik ini terasa selaras dengan musik yang disajikan. Nuansa synthwave 80an dipadukan dengan visual ala 8-bit gaming console memberikan pengaruh nostalgia buat yang pernah melewati era 80an dan menjadi sajian audio visual yang segar bagi generasi yang lebih muda.

Terlepas dari relasi single ini dengan tema jatuh cinta, single ini juga relevan dengan ajang Pilpres yang jatuh di momen yang berdekatan. Mudahnya, jatuh cinta selalu dihadapkan dengan pilihan, janji, dan komitmen. 3 hal yang pula menjadi pertimbangan besar saat memilih pemimpin. Kaitannya dengan single 123 ini, tentunya, di ajang pilpres ini kita dihadapkan pada 3 pilihan. 123 merupakan penanda babak baru dari perjalanan musik Ravi Andika. Single yang menjadi mukadimah paska purwarupa dan menjadi pembuka dari album penuh Ravi Andika dengan judul “Interval” yang akan dirilis di tahun 2024 ini

About Author

Irwan Johns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *