Jujur Berkarya Tulus Bermusik,Dodit Mulyanto Rilis Single “Panggung Besar”

Jujur Berkarya Tulus Bermusik,Dodit Mulyanto Rilis Single “Panggung Besar”

Tidak banyak standup comedian yang serius terjun ke industri musik seperti Dodit
Mulyanto. Finalis Standup Comedy Indonesia (SUCI) season 4 asal Blitar ini menunjukkan
keseriusannya dengan merilis single keduanya berjudul “Panggung Besar” pada Januari
2024 ini di platform Youtube.

Sama seperti di single pertamanya “Tau Diri”, Dodit juga memainkan sendiri gitar di lagu “Panggung Besar” ini. Selain percaya diri dalam komedi, mantan guru SMP ini juga percaya diri untuk bermain gitar di lagunya sendiri. Mendengarkan intro lagu ini di awal kita seperti dibawa ke depan panggung warna-warni berisi band yang mewah dan penari latar yang energik yang membuat kita ikut bergoyang.

“Nuansa musiknya dibuat seperti musik broadway ujar Dodit yang juga menyukai genre
musik western ini. Tidak hanya itu, single kedua ini juga sama seperti single pertama karena terinspirasi
dari kisah nyata Dodit yang potensi dan bakatnya kerap diremehkan dan direndahkan oleh orang-orang di sekitarnya.

“Dulu ada yang terang-terangan meremehkan, ada yang tersirat dari sikapnya seperti merendahkan bakat saya. Saya memaafkan tapi tidak melupakan perlakuan mereka ke saya. ‘Balas dendam’ terbaik kepada mereka adalah dengan berkarya lewat lagu ini,” tambah komedian pencinta fauna ini. Unsur komedi muncul di beberapa part lirik lagu Panggung Besar ini. “Kau dengan pikiranmu yang seperti cangkul, menyuruh menguburkan bakatku” adalah diksi yang unik dan jenaka. Pengalamannya puluhan tahun menulis materi komedi jelas mempengaruhi gaya penulisan liriknya. “Lagu ini sebenarnya juga pesan untuk generasi milenial dan gen-z yang sedang menekuni hobi dan bakatnya supaya mereka tidak gampang baper kalau dikomentari negatif oleh orang lain. Lebih baik sibuk berkarya daripada sibuk mikirin komentar orang,” kata youtuber yang punya 1,7 juta subscriber ini.

Video clip single kedua ini juga menghadirkan orang-orang dengan kisah nyata mereka yang dulu diremehkan dan direndahkan, lalu sekarang sudah berhasil dengan pencapaian mereka masing- masing. Pesannya jelas: jangan pernah menganggap enteng orang yang bekerja keras dalam menekuni bakat dan potensinya. “Sepuluh talent yang muncul di video clip ini muncul masing-masing dengan kisah nyata
hidup mereka dan kemunculan mereka adalah bukti bahwa bakat saja tidak cukup, harus ada semangat dan kerja keras untuk mencapai sesuatu dan mereka sudah meraihnya”

Lirik lagu di bagian reffrennya “lihat saja aku akan tampil di panggung besar, semua bernyanyi bersamaku…” itu dapat dibayangkan dalam dua scene adegan. Pertama, kita berbicara di depan orang yang meremehkan kita dan kedua kita berbicara di depan cermin. Orang di cermin itulah yang (selalu) harus kita buat bangga. “Panggung Besar” ini menjadi pembuktian Dodit Mulyanto untuk selalu jujur dalam berkarya dan tulus dalam bermusik sebagai persembahan untuk para pencinta musik dan
penggemarnya. Kita tunggu karya-karya jujur, tulus dan menghibur berikutnya dari Dodit Mulyanto.

About Author

Irwan Johns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *