Rapper Dan Musisi Hip-Hop Basboi Kini kembali Dengan Sebuah Single Baru Berjudul “Banyak Yang Bilang”

Rapper Dan Musisi Hip-Hop Basboi Kini kembali Dengan Sebuah Single Baru Berjudul “Banyak Yang Bilang”

Single terbaru dari Basboi ini dipenuhi dengan kick dan bass khas lagu jersey club yang membuat dada berdegup dan badan tak kuasa ingin menari. Diproduseri oleh CVX, lagu ini dibuka dengan rap padat khas Basboi, lagu ini merupakan refleksi bagaimana Basboi – sebagai musisi hip-hop – menanggapi omongan miring maupun cibiran atas pembawaan dan penampilan dirinya yang kerap tidak sesuai dengan gambaran umum musisi hip-hop di Indonesia yang terkenal “keras” dan maskulin. Dibuka dengan bait yang terkesan flexing dan identik ditemui di lirik hip-hop pada umumnya, Basboi lalu mulai meminta maaf setelah memamerkan materi kepunyaannya yang sangat tidak maskulin seperti parfum Celine dan kalung Vivienne Westwood yang identik lebih feminin.

Basboi kemudian berlanjut “mengiyakan” cibiran-cibiran tersebut dan dilantunkan dengan nada-nada khas Basboi yang melodis diatas beat ala PluggnB – dengan lirik berdiksi yang terkesan “seenak jidat” yang terasa lucu namun menyentil dengan akurat (“Banyak yang bilang aku too soft/too flashy/too pop/too sassy, Everything is true!”). Di momen ini, Basboi menyiratkan bahwa tidak masalah kita menjadi berbeda dengan ekspektasi orang yang menyamakan diri kita dengan gambaran umum pribadi kita yang seharusnya seperti apa. Selama kita menjadi diri kita sendiri dan itu berhasil untuk kita, tidak masalah orang lain bilang apa.

Single ini disajikan bersamaan dengan video klip vertikal yang disutradarai oleh Saktian Maulana (Rodagenic), yang berisikan materi-materi dan tren visual khas stereotipikal Gen Z yang sering ditemui di TikTok. Langkah ini diambil sebagai salah satu sindiran bahwa musisi hip-hop itu tidak seharusnya menjadi “pop” – dalam hal ini berarti terjerumus kedalam kultur pop yang sedang viral di media sosial. Materi visual yang sangat “Gen Z”, berisikan lagu dance dengan lirik yang terkesan centil dan “bodo amat”, cocok untuk mengawali pembukaan tahun baru kita dalam membangun attitude yang lebih cuek di tahun ini.

Tentang Basboi 

Basboi, musisi Hip-Hop/RnB memulai karirnya di Kota Bandung. Memulai karyanya dengan lagu-lagu seperti Cozy, Dying Breed, dan Night Drive pada tahun 2017-18, Basboi merilis EP debutnya berjudul Fresh Graduate di Maret 2019, yang menceritakan tentang struggle yang dimiliki remaja Indonesia pada umumnya. Karyanya berlanjut di single Make Me Proud dimana ia berkolaborasi dengan Matter Mos dan Stanizter.

Identik dengan lirik dan warna musik yang catchy dan fun untuk genre Hip-Hop/RnB, Basboi berhasil menarik perhatian Converse Indonesia dan terpilih mewakili Converse X Ambassadors dari Indonesia untuk tampil di Converse X Global Moment di Kuala Lumpur, Mei 2019, setelah sebelumnya berhasil melakoni tour Fresh Graduate yang mencakup 4 kota di Jawa-Bali.

Tidak hanya itu, Basboi kembali terpilih sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia di Converse X Global Moment kedua di Los Angeles, Amerika Serikat, pada November 2019. Di sana, Basboi tampil bersama musisi dari kolektif Odd Future, seperti Dominic Fike dan Jasper. Satu tahun setelahnya, Basboi merilis album debutnya “Adulting For Dummies”, yang sukses menarik perhatian dan beberapa nominasi album terbaik pada tahun 2021, sampai akhirnya terpilih mewakili Indonesia pada rangkaian Converse X Global Moment di Paris bersama dengan Tyler, The Creator.

About Author

Irwan Johns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *