“Wild Flowers” Single Ketiga dari Alya, Menceritakan Tentang Sisi Lain dari Trauma

“Wild Flowers” Single Ketiga dari Alya, Menceritakan Tentang Sisi Lain dari Trauma

Wild Flowers adalah single ketiga dari Alya, setelah Memutar Waktu (2022) dan Fall Into Place (2021). Single ini juga menjadi pra-rilis untuk EP/mini album pertama Alya. Lagu Wild Flowers menceritakan tentang sisi lain dari Trauma. Mengalami trauma dapat membuat seseorang merasa terpenjara oleh berbagai rasa takut, seolah terjebak dan tidak bisa merasakan kebebasan. Terkadang, orang yang mengalami trauma pun bisa merasakan iri terhadap orang lain yang tidak merasakan trauma. Semua momen tersebut Alya tuangkan dalam lirik Wild Flowers, karena Alya sendiri juga memiliki berbagai macam trauma. Alya masih sedang berproses untuk memperbaiki kesehatan mentalnya, dan salah satu caranya adalah dengan menuangkan semua perasaannya ke lirik Wild Flowers.

Selain menulis liriknya, dan melukis artwork single, Alya juga bereksperimen melalui music video Wild Flowers, Music video tersebut adalah hasil kolaborasi Alya dengan Wanggi Hoed, seniman pantomim dari Bandung. Seni pantomim terpilih sebagai medium yang cocok untuk menerjemahkan berbagai derajat rasa pilu dan takut dalam kondisi trauma. Music video resmi terpublikasi pada 22 Maret 2023, bertepatan dengan Hari Pantomim Sedunia. Lalu, salah satu hal yang menarik tentang music video adalah Alya merekam sendiri video tersebut menggunakan handphone miliknya, tanpa tim, hanya Alya dan subjek yang ia rekam saja di lokasi rekaman, yakni Taman Labirin Bandung.

Harapannya, semoga lagu Wild Flowers bisa menjadi bukti nyata bahwa memproses trauma dapat dilakukan melalui mengekspresikan perasaan dalam kegiatan seni, seperti menulis lirik dan bernyanyi. Kemudian, semoga alunan melodi beserta cerita yang tersirat dalam Wild Flowers dapat pula menemani siapapun yang sedang mengalami hal-hal yang sulit, agar tidak lagi merasa terjebak dalam rasa takut.

About Author

Erik Sabeni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *