Morche Rilis EP “Pascasmara” Merupakan Tempat Berlabuh Sekumpulan Imajinasi Dan Pengalaman

Morche Rilis EP “Pascasmara” Merupakan Tempat Berlabuh Sekumpulan Imajinasi Dan Pengalaman
Morche [mɔrʃɛ] adalah sebuah band alternatif-rock yang terbentuk di Depok, pertengahan tahun 2016 silam. Di akhir tahun 2022 ini, Morche akhirnya melengkapi tapak pertama di dunia permusikan melalui sebuah EP berjudul Pascasmara.

Beranggotakan Tiara Annisa (vokal), Ashar Ardianto (gitar), Hilman M. (gitar) Rolland Sadira (bass), dan Osha Prima Adidaya (drum), Morche mencoba mempersembahkan alunan post-rock berbalut nuansa folk, yang terilhami dari Mew dan Novo Amor.

Nama Pascasmara diambil dari single berjudul sama, yang telah lebih dulu diperdengarkan Morche sebagai hit, tahun 2021 kemarin. Di dalam EP Pascasmara, Morche membawakan lima lagu andalan: Tiba, Pascasmara, Cerita-cerita, Nirmana, dan Introduksi.

Seperti sebuah pelabuhan, seluruh materi dalam EP Pascasmara merupakan tempat berlabuhnya sekumpul imajinasi dan pengalaman, yang terangkai dalam satu kesatuan cerita. Cerita tentang perjalanan, kontemplasi, serta nilai-nilai yang tertanamkan dari tempat seseorang berasal.

“Silahkan berkelana, melanglang buana. Tapi, jangan lupa dari mana kau berasal, jangan lupakan jalan pulang. Itulah pesan utama yang kami coba gaungkan melalui EP pertama Morche yang bertajuk Pascasmara,” tutur Ashar Ardianto.

Sebagai buah karya pertama dari Morche, lagu-lagu di dalam EP Pascasmara sendiri ditullis langsung oleh para personel. Ashar Ardianto menuliskan Tiba, Pascasmara, Cerita-cerita, dan Introduksi, sementara Hilman M. menciptakan Nirmana.

Di samping itu, proyek perdana Morche kali ini juga melibatkan sejumlah musisi lainnya. Di mana Fazrin Mustakin (Skastra dan Hamba Allah) berlaku sebagai produser, Aldrian Risjad dan Alduri Asfirna (Skastra dan Mataharibisu) mengisi suara latar di beberapa lagu, mixed and mastered oleh Herdiardo Widita Nugroho dari Haji Jian Studio.

Sejak berdiri di Depok pertengahan tahun 2016 silam, Morche mulai mengorbit di beberapa panggung intim sekitaran Ibu Kota. Mulanya, Morche digawangi oleh Mutiarachmi (vokal), Ashar Ardianto (gitar), Hilman M (gitar) Rolland Sadira (bass), dan Ibrahim “Obeng” (drum). Namun pada tahun 2019, Morche mengalami sedikit perubahan formasi, tepatnya ketika Obeng (drum) dan Mutiarachmi (vokal) memutuskan hengkang.

EP Pascasmara dari Morche, akan dirilis ke seluruh layanan streaming digital
About Author

Erik Sabeni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *